"Welcome to : Maria Fransiska's blog for Kapita Selekta"

There are review and reflection of the lessons in Faculty of Communication at Tarumanagara University, West Region of Jakarta

Selasa, 10 Mei 2011

REVOLUSI MEDIA ONLINE

REVOLUSI MEDIA ONLINE
Oleh Ibu Riris

Media online saat ini memang paling digemari karena berbagai kemudahannya. Dengan adanya media online ini berita yang dimasukkan akan selalu terupdate dan dapat diakses dengan lebih mudah karena tidak dibatasi oleh tempat dan waktu. Biaya yang dikeluarkan pun lebih ringan dibandingkan dengan media laiinya yang perlu mengeluarkan biaya lebih. Selain itu media online juga secara cepat dapat memberikan informasi, karena adanya database. Sedangkan jika kita mencari berita di koran cetak akan sangat sulit karena harus mencari dahulu koran pada tanggal yang kita inginkan.

Namun bagai sebuah koin yang memiliki dua sisi, media online pun memiliki satu sisi negatif. Karena adanya kebebasan dalam pemberian informasi, terkadang sumber informasi tersebut menjadi tidak jelas. Sehingga terkadang berita yang di-upload dalam internet tersebut belum tentu kebenarannya. Berbeda dengan media cetak dan media penyiaran yang sumbernya dapat dipertanggungjawabkan karena dipegang oleh institusi resmi.

Sebenarnya kehadiran media online bukan sebagai murni sebagai musuh bagi media cetak dan penyiaran. Namun media online dapat dipandang sebagai pendukung dan pelengkap dari keterbatasan media tradisional.

Media online memiliki peranan yan sangat penting karena mobilisasi teknologi itu, sangat andal sebagai penyebar informasi ke masyarakat. Jadi sebenarnya, sekarang ini merupakan determinasi teknologi yang semakin berkembang, sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk menyebarkan informasi yang berkaitan dengan revolusi itu sendiri. Media online terutama jejaring sosial lebih cepat mencapai masyarakat bila dibandingkan dengan Koran atau televisi. Pada masa reformasi tahun 1998, masyarakat itu sudah dimobilasasi dengan media online berupa email atau milis, apalagi sekarang ini teknologi yang sudah sangat berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar