Oleh Pak Eko Harry Susanto
Per tanggal : 20 April 2011
Proses Marketing Politik
- Melakukan Riset Khalayak /Pemilih
- Mengembangkan Strategi Pemasaran Politik.
- Menetapkan Program Pemasaran Politik
- Evaluasi & Perbaikan Model Pemasaran Politik
Pemaparan Hasil Riset Khalayak
- Hasil dipaparkan harus orisinal, natural, dan bebas nilai
- Secara internal sebagai masukan untuk pemasaran politik parpol
- Namun untuk kepentingan iklan politik, bisa saja dikemas, dari aspek yang menguntungkan partai politik
Dalam menetapkan program pemasaran politik yang harus diperhatikan adalah :
- Program Pemasaran Politik harus jelas sasarannya.
- Berdasarkan riset politik, program pemasaran diharapkan lebih down to earth
Strategi Pemasaran Politik
- Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.(Philip Kotler dan Eduardo L. Roberto)
- Pemasaran politik, kegiatan yang mengandung unsur politik dari entitas politik untuk memenuhi kebutuhan pihak yang berinteraksi dan berkomunikasi melalui pertukaran.
- Politik (lihat Dan Nimmo), adalah Siapa memperoleh apa, kapan dan bagaimana, kekuasaan dan pemegang kekuasaan
- Pembagian nilai – nilai oleh yang berwenang
- Tidak Mudah Menjalankan Pemasaran Politik dalam Koridor Kebebasan Komunikasi
- Demokrasi informasi bertumpu kepada partisipasi masyarakat untuk menerima atau menolak pesan politik
- Strategi Pemasaran Politik merupakan suatu tindakan integratif untuk mengorganisasikan pesan – pesan politik kepada khalayak/ sasaran konstituen
- Semua tindakan yang mengarah pada penyampaian pesan politik, harus dilakukan oleh institusi dan individu yang kredibel di mata khalayak
Menciptakan Kreativitas Pesan
- Dalam menjual ide/ pemikiran politik kepada konstituen atau khalayak, harus memiliki jargon – jargon yang spesifik dan memiliki kekuatan, mudah diingat.
- Lihat tentang karakter simbol – Julia Wood, 2005, West dan Turner dll
- Kenali kebutuhan informasi masyarakat dan lingkungannya
Pesan Sederhana
- Pesan Politik harus sederhana agar mudah diingat oleh massa/ konstituen
- Pesan simpel bisa menarik perhatian sampai bilik suara dalam Pemilu
- Berfokus kepada sasaran yang dituju. Jadi sejalan dengan karakteristik konstituen
Gagasan Berbeda
- Harus berani Tampil Beda dalam mengemas pesan politik
- Mengemukakan hal yang kontroversial dalam menanggapi situasi yang berkembang. Misalnya, Tidak Punya Rujukan Tunggal dalam Politik tetapi Kepemimpinan Kolektif
Pesan Efektif dan Efisien
- Anggaran partai politik harus jelas dalam menjalankan strategi pemasaran
- Ada Regulasi yang mengatur anggaran partai.
- Partai Profesional juga harus meleporkan anggaran secara terbuka
Melayani dengan Hati
- Bekerja untuk konstituen sepenuh hati
- Bukan hanya pada saat kompetisi politik lokal dan nasional ataupun dalam rangka untuk mencari dukungan meraih jabatan publik.
- Partai politi mengedepankan kepentingan rakyat.
Mendengarkan Tuntutan Konstituen
- Dalam mengeksplorasi ide politik harus berpijak kepada kebutuhan rakyat.
- Presiden Bill Clinton berhasil dengan strategi kampanye yang lebih banyak mendengarkan (West dan Turner)
Membangun Hubungan
- Pesan politik untuk mempengaruhi khalayak harus menciptakan intimasi hubungan antara parpol dan konstituen
- Menjaga hubungan baik lembaga – lembaga sub- ordinat partai atau sayap politik partai politik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar